Tampang

Tanda Seseorang Dewasa secara Mental dan Emosional Menurut Psikolog

16 Jun 2024 17:01 wib. 179
0 0
Tanda Seseorang Dewasa secara Mental dan Emosional Menurut Psikolog

3. Memiliki Pemikiran Terbuka dan Tidak Kaku
Ciri penting lainnya dari orang yang matang secara emosional adalah mereka memiliki pemikiran yang terbuka dan tidak kaku. Hidup pada dasarnya penuh dengan tantangan, dan orang yang matang secara emosional akan menanggapi tantangan hidup dengan pikiran terbuka dan kreatif.

4. Mampu Membentuk Hubungan yang Sehat
Tanda penting dari orang yang dewasa secara mental dan emosional adalah mampu menjaga hubungan sehat dan aman dengan orang lain. Hal ini sering kali lebih mudah diperoleh bagi orang yang telah mengembangkan hubungan sehat, jelas Sefora Janel Ray, seorang terapis pernikahan dan keluarga.

5. Bertanggungjawab
Orang yang dewasa secara mental dan emosional mempertimbangkan bagaimana dampak dari tindakannya pada orang lain dan akan mengambil tanggung jawab ketika tindakannya menyebabkan kerugian. Mereka dapat dengan mudah meminta maaf, mengambil tanggung jawab, dan mempertanggungjawabkan tindakannya dengan memahami dan menerima konsekuensinya.

6. Menetapkan Batasan yang Sehat
Mampu menetapkan dan mempertahankan batasan yang sehat menjadi landasan untuk menjadi dewasa secara emosional. Artinya, seseorang mampu menyatakan batasan emosional kepada diri sendiri dan orang lain, dan berpegang teguh pada batasan tersebut saat menghadapi konflik.

7. Bisa Menyelesaikan Konflik
Orang yang dewasa dalam hal ini akan berusaha menyelesaikan konflik, daripada memperpanjang keberadaannya, atau keluar dari masalah yang ada. Konflik adalah bagian normal dari kehidupan, namun yang terpenting adalah bagaimana mengatasinya.

8. Mampu Mengelola Stres dengan Cara yang Tepat
Stres dialami sebagian besar orang, namun masing-masing memiliki cara pengobatan yang berbeda. Orang yang matang secara emosional tidak akan berusaha menyingkirkan atau menghindarinya. Mereka akan belajar bagaimana mengelola stres dengan tepat.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.