Tampang

Stres Berlebihan Memicu Dampak Serius pada Kesehatan

16 Jun 2024 17:00 wib. 60
0 0
Stres Berlebihan Memicu Dampak Serius pada Kesehatan
Sumber foto: google

Stres merupakan salah satu masalah umum yang dapat menimpa siapa pun. Menurut laporan yang diterbitkan oleh American Psychological Association pada tahun 2023, sekitar sepertiga dari orang berusia 18–44 tahun memberikan penilaian tingkat stres mereka sebesar 8–10 dalam skala 1–10. Hal ini menunjukkan bahwa stres adalah kondisi yang tidak bisa dianggap remeh dan dapat berdampak serius pada kesehatan.

Dokter Penyakit Dalam Bersertifikat dan Direktur Medis di Wellbridge, Edmond Hakimi, DO, mengungkapkan bahwa stres merupakan respons alami terhadap tuntutan dan tekanan dalam kehidupan. Berbagai faktor seperti tanggung jawab pekerjaan, masalah keuangan, masalah hubungan, dan perubahan besar dalam hidup dapat menjadi pemicu stres. Oleh karena itu, manajemen stres merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan seseorang.

Salah satu dampak serius dari stres adalah pada kesehatan fisik, perilaku, dan mental. Menurut Marcus Smith, seorang Konselor Profesional Klinis Berlisensi dan Direktur Eksekutif di Alpas Wellness, stres dapat memberikan dampak negatif pada sistem kardiovaskular. Kehadiran hormon stres seperti kortisol dan epinefrin dapat menyebabkan stres oksidatif dan peradangan, sehingga meningkatkan risiko kardiovaskular dan serangan jantung. Stres juga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh arteri koroner, yang berujung pada iskemia miokard. Oleh karena itu, penting untuk memahami bahwa stres memiliki dampak serius pada kesehatan fisik seseorang.

Selain itu, stres juga dapat memengaruhi sistem pernapasan dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Stres tinggi dapat memicu sistem pernapasan menjadi cepat dan dangkal serta meningkatkan risiko terserang penyakit pernapasan. Selain itu, sistem imun tubuh akan melemah ketika mendeteksi stres, yang akan meningkatkan kerentanan terhadap infeksi dan memperburuk penyakit peradangan kronis. Oleh karena itu, manajemen stres juga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan sistem pernapasan dan sistem kekebalan tubuh.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Manfaat Menangis Bagi Tubuh
0 Suka, 0 Komentar, 12 Mei 2022
vonis ahok
0 Suka, 0 Komentar, 10 Mei 2017

POLLING

Peraturan Baru dari Pemerintah, Seluruh Motor dan Mobil Wajib Miliki Asuransi Mulai 2025. Apakah Anda Setuju?