Tampang

Peringati Hari Kesehatan Mental Dunia, WHO Sorot Lingkungan Kerja

11 Okt 2024 05:24 wib. 55
0 0
Peringati Hari Kesehatan Mental Dunia, WHO Sorot Lingkungan Kerja
Sumber foto: iStock

Setiap tahun, pada tanggal 10 Oktober, dunia memperingati Hari Kesehatan Mental. Perayaan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental di tengah-tengah masyarakat global. Acara ini pertama kali ditetapkan pada tahun 1992 oleh Federasi Kesehatan Mental Dunia atau World Federation for Mental Health (WFMH).

Menurut laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kesehatan mental adalah hak asasi manusia yang tidak dapat diabaikan. Setiap individu, di mana pun mereka berada, memiliki hak untuk mendapatkan tingkat kesehatan mental yang terbaik. WHO tahun ini mengusung tema kampanye "Kesehatan Mental di Tempat Kerja." Kolaborasi dengan para mitra adalah kunci dalam menyoroti hubungan penting antara kesehatan mental dan lingkungan kerja. 

Lingkungan kerja yang aman dan sehat dapat berperan sebagai faktor pelindung bagi kesehatan mental. Stigma, diskriminasi, pelecehan, dan kondisi kerja buruk dapat berdampak negatif terhadap kesehatan mental dan kualitas hidup secara keseluruhan. Menurut WHO, sekitar 60% dari populasi global bekerja, maka dapat dipastikan bahwa tindakan perlu segera dilakukan untuk mencegah risiko terhadap kesehatan mental.

Penting bagi pemerintah, pengusaha, organisasi yang mewakili pekerja dan pengusaha, serta pihak lain yang bertanggung jawab atas kesehatan dan keselamatan pekerja untuk bekerja sama meningkatkan kesehatan mental di tempat kerja. Tindakan untuk mengatasi masalah kesehatan mental di tempat kerja harus melibatkan pekerja dan perwakilan mereka, serta orang-orang yang memiliki pengalaman langsung dalam menghadapi kondisi kesehatan mental.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.