Tampang

Puasa Qadha Ramadhan: Niat, Tata Cara, Hukum dan Batas Waktunya

11 Apr 2024 20:04 wib. 297
0 0
Berbuka Puasa

Artinya: “Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmat-Mu Wahai Yang Maha Pengasih dan Penyayang”.

Tata Cara Puasa Qadha Ramadhan 

Puasa Qadha dapat dilakukan mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari, sama seperti puasa lainnya. Umat Muslim kemudian dapat berbuka puasa atau mengakhiri puasanya saat matahari terbenam atau pada saat adzan magrib berkumandang.

Cara melaksanakan puasa Qadha Ramadhan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan puasa Ramadhan. Rukun dan syarat puasanya juga sama dengan puasa Ramadhan. Adapun tata cara melaksanakan puasa Qadha Ramadhan sebagai berikut:

  1. Jumlah hari puasa sesuai dengan jumlah yang ditinggalkan puasa selama bulan Ramadhan. Misal berpuasa 7 hari, maka wajib mengqadha 7 hari.
  2. Jika anda lupa jumlah hari yang ditinggalkan, anda dapat mengambil jumlah maksimal dari puasa yang ditinggalkan. 
  3. Dianjurkan mengqadha puasa secara berurutan. Oleh karena itu, jika batal puasa Ramadhan 7 hari, maka dianjurkan untuk mengqadha dengan puasa 7 hari berturut-turut di luar Ramadhan. Akan tetapi, tidak apa-apa jika anda mau mengqdha secara selang-seling atau dari waktu ke waktu.
  4. Membaca niat puasa qadha Ramadhan pada malam hari atau sebelum fajar terbit.
  5. Selama beribadah, Anda juga dianjurkan untuk melakukan amalan baik lainnya, seperti shalat sunnah, membaca Al-Qur'an dan bersedekah.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Olahrga Joging
0 Suka, 0 Komentar, 15 Mar 2024
Memahami Resistensi Antibiotik
0 Suka, 0 Komentar, 21 Agu 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?