Tampang

Pasien Diabetes Lebih Rentan Terkena Asma

11 Sep 2024 16:24 wib. 72
0 0
Pasien Diabetes Lebih Rentan Terkena Asma
Sumber foto: google

Untuk mengetahui keterkaitan antara asma dan diabetes, para peneliti melakukan meta-analisis yang melibatkan data dari 17 juta peserta dari 14 studi dan tinjauan sistematis terhadap empat basis data jurnal medis. Hasil studi menunjukkan bahwa asma dan diabetes memiliki hubungan timbal balik yang signifikan.

Studi ini menemukan bahwa individu dengan asma memiliki risiko 28 persen lebih tinggi untuk mengalami diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak menderita asma. Sementara itu, individu dengan diabetes tipe 2 hampir dua kali lebih mungkin (83 persen lebih mungkin) terserang asma dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami diabetes tipe 2.

Selain itu, hasil studi juga menunjukkan bahwa hipertensi dan dislipidemia merupakan faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan risiko terkena asma dan diabetes tipe 2. Keparahan asma juga dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi, dengan risiko meningkat seiring dengan tingkat keparahan. Namun, durasi asma tidak dihubungkan dengan risiko diabetes tipe 2.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?