Tampang

Kuliner Sunda: Keunikan dan Kelezatan Masakan dari Tanah Pasundan

23 Jul 2024 13:36 wib. 93
0 0
Kuliner Sunda: Keunikan dan Kelezatan Masakan dari Tanah Pasundan
Sumber foto: google

Kuliner Sunda, berasal dari daerah Pasundan atau Jawa Barat, dikenal dengan kelezatan dan kesegaran bahan-bahannya. Masyarakat Sunda gemar menggunakan sayuran segar, rempah-rempah alami, serta bahan-bahan lokal dalam masakannya. Keunikan kuliner Sunda terletak pada cita rasanya yang segar, gurih, dan sering kali dilengkapi dengan rasa pedas yang nikmat. Mari kita jelajahi beberapa hidangan khas Sunda yang paling populer dan menggugah selera.

 1. Nasi Liwet: Nasi Gurih dengan Aneka Lauk

Nasi Liwet adalah salah satu hidangan khas Sunda yang populer. Nasi ini dimasak dengan santan dan berbagai rempah seperti serai, daun salam, dan daun pandan, memberikan rasa yang gurih dan aroma yang harum. Nasi liwet biasanya disajikan dengan berbagai lauk seperti ayam goreng, ikan asin, telur pindang, tahu, tempe, dan sambal. Hidangan ini sering dinikmati dalam acara keluarga atau kumpul-kumpul bersama teman, menghadirkan kelezatan yang hangat dan memuaskan.

 2. Sayur Asem: Sup Asam yang Segar

Sayur Asem adalah hidangan sup khas Sunda yang menyegarkan. Sup ini terbuat dari berbagai sayuran seperti kacang panjang, labu siam, jagung manis, melinjo, dan daun melinjo, yang dimasak dengan bumbu-bumbu seperti asam jawa, lengkuas, dan daun salam. Rasa asam yang segar dari asam jawa dan keharuman dari bumbu-bumbu alami membuat sayur asem menjadi hidangan yang menyegarkan dan cocok dinikmati di siang hari. Sayur asem biasanya disajikan dengan nasi putih dan lauk seperti ikan asin atau tempe goreng.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Belajarlah dari Kenangan!
0 Suka, 0 Komentar, 8 Nov 2017

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?