Tampang

Mitos Tentang Konsumsi Nanas bagi Ibu Hamil: Fakta dan Fiksi

4 Jun 2024 09:49 wib. 44
0 0
Konsumsi Buah Nanas

Buah nanas, terutama yang masih muda, telah lama dianggap sebagai buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena diklaim dapat memicu keguguran. Namun, seberapa benarkah larangan tersebut?

Dokter spesialis bidan dan kandungan di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan, Muhammad Fadli, menegaskan bahwa sebenarnya tidak ada larangan khusus untuk mengonsumsi buah nanas bagi ibu hamil. Menurut beliau, nanas aman untuk dikonsumsi, namun harus dilakukan dengan jumlah yang seimbang karena kandungan asam yang tinggi di dalamnya.

Asam lambung yang rentan dialami oleh ibu hamil juga perlu diperhatikan karena konsumsi nanas yang berlebihan dapat meningkatkan asam lambung serta menyebabkan kontraksi dini yang bisa berujung pada kelahiran prematur atau keguguran. Meskipun demikian, konsumsi nanas dalam jumlah sedang dianggap aman selama masa kehamilan.

Menurut Very Well Family, buah nanas kaya akan nutrisi seperti vitamin C, vitamin B6, dan serat yang baik, serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Selain itu, bukti ilmiah yang memperlihatkan adanya ancaman keguguran akibat konsumsi nanas masih belum cukup.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%