Tampang

Manfaat Pelukan Tulus dalam Membuat Anak Merasa Dicintai

16 Jul 2024 12:15 wib. 106
0 0
Manfaat Pelukan Tulus dalam Membuat Anak Merasa Dicintai
Sumber foto: google

Psikolog klinis lulusan Universitas Indonesia Nirmala Ika M.Psi menyatakan bahwa berpelukan secara tulus antara orang tua dan anak dapat membuat anak merasa dicintai dan diterima serta dapat menyalurkan kebahagiaan. Menurut Nirmala, semua anak membutuhkan perasaan dicintai dan diterima. Pelukan menjadi media yang efektif untuk memberikan rasa dicintai, serta memberikan kebahagiaan pada anak.

Di era di mana manajemen emosi dan kecerdasan sosial anak semakin diperhatikan, penting bagi orang tua untuk memahami pentingnya pelukan dalam membantu anak merasa dicintai. Nirmala juga menjelaskan bahwa masih banyak orang tua yang merasa canggung untuk memeluk anak karena adanya batasan yang muncul dari budaya atau tatanan keluarga. Seiring perkembangan zaman, pendekatan ini perlu diperbarui agar anak dapat tumbuh menjadi individu yang memiliki keseimbangan emosi.

Secara ilmiah, pelukan telah terbukti mampu menimbulkan reaksi hormonal yang menghasilkan rasa bahagia. Hal ini berlaku baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Hormon bahagia yang dihasilkan dalam pelukan dapat membantu menurunkan tingkat stres, meningkatkan imunitas, serta memperbaiki suasana hati dan fungsi organ dalam tubuh.

Nirmala juga menjelaskan bahwa pelukan dari orang tua dapat memberikan rasa bahagia yang dirasakan anak-anak. Reaksi tubuh yang menenangkan dan pengakuan akan keberadaan mereka merupakan salah satu hasil dari pelukan secara tulus. Durasi pelukan yang efektif untuk mengisi kebutuhan rasa bahagia anak adalah minimal 10 detik. Namun, hal yang tak kalah penting adalah kehadiran tulus orang tua saat memberikan pelukan, di mana mereka hadir sepenuh hati tanpa terganggu oleh pemikiran lain.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?