Tampang

Merokok dan Dampak Kesehatan yang Lebih Parah

13 Jun 2024 04:37 wib. 25
0 0
Merokok dan Dampak Kesehatan yang Lebih Parah
Sumber foto: google

Dokter spesialis penyakit dalam sub spesialis kardiovaskular dari Rumah Sakit Umum Pusat Cipto Mangunkusumo, Dr. dr. Ika Prasetya Wijaya Sp.PD KKV, menyatakan bahwa merokok dapat memicu masalah kesehatan dan penyakit penyerta hingga tiga kali lipat lebih parah dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Menurut Ika, penderita darah tinggi yang juga merokok memiliki risiko tiga kali lipat lebih tinggi untuk mengalami penyakit jantung koroner. Begitu pula dengan penderita diabetes, risiko mereka untuk mengalami komplikasi kesehatan akibat penyakit jantung akan bertambah tiga kali lipat, bahkan menjadi sembilan kali lipat. Selain itu, merokok juga dapat memperparah kondisi kesehatan secara eksponensial dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Dalam sebuah diskusi kesehatan daring di Jakarta, Ika menjelaskan bahwa merokok dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang dan kualitas pekerjaan. Selain itu, perokok aktif juga berpotensi menyebarkan penyakit pada perokok pasif, yang dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang lebih berat.

Lebih lanjut, Ika menyatakan bahwa pemulihan kesehatan bagi perokok yang sudah terkena penyakit akan lebih lambat dibandingkan dengan mereka yang menjalani pola hidup sehat. Selain itu, penderita yang terkena penyakit jantung akibat merokok mungkin harus mengonsumsi obat-obatan tertentu, beberapa di antaranya harus diminum seumur hidup, tergantung pada kondisi jantung masing-masing.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

5 Akibat Kelebihan Protein
0 Suka, 0 Komentar, 13 Jul 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%