Tampang

Menko Airlangga: Jakarta, Mata Rantai Negara Maju

23 Jul 2024 21:29 wib. 87
0 0
Menko Airlangga: Jakarta, Mata Rantai Negara Maju
Sumber foto: iStock

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa Jakarta telah melewati jebakan pendapatan menengah atau middle income trap. Hal ini disampaikan ketika beliau memberikan Orasi Ilmiah dalam Bj Habibie Memorial Lecture di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jakarta, pada Selasa (23/7/2024).

Dalam paparannya, Airlangga mengungkapkan bahwa pendapatan per kapita penduduk Jakarta telah mencapai US$ 21.000. Hal ini menunjukkan bahwa Jakarta telah berhasil melewati middle income trap. Airlangga juga mengajak kota-kota lain untuk mengikuti langkah Jakarta dalam upaya keluar dari middle income trap.

Selain Jakarta, beberapa kota lain juga telah menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Contohnya adalah Kabupaten Ogan Komering Ilir di provinsi Palembang yang telah mencapai pendapatan per kapita sebesar US$ 10.000, serta provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Airlangga menekankan pentingnya peningkatan pendapatan per kapita sebagai langkah untuk menyamai tingkat ekonomi negara maju. Menurutnya, jika pendapatan per kapita penduduk Indonesia meningkat, Indonesia memiliki potensi untuk bersaing dengan negara-negara maju. Bahkan, targetnya adalah untuk masuk dalam peringkat lima besar di G20.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Anakku Ranking ke-23
0 Suka, 0 Komentar, 6 Jul 2017
Sepuluh Ribu atau Dua Puluh Ribu
0 Suka, 0 Komentar, 14 Mar 2018

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?