Tampang

Kiat Konsumsi Daging Kambing bagi Penderita Hipertensi

19 Jun 2024 08:08 wib. 48
0 0
Kiat Konsumsi Daging Kambing bagi Penderita Hipertensi
Sumber foto: google

Dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo, Dr. Faisal Parlindungan, Sp.PD-KR, memberikan pandangan terkait konsumsi daging kambing bagi penderita hipertensi. Menurutnya, meskipun penderita hipertensi tetap dapat mengonsumsi daging kambing, tetapi harus melakukannya dengan jumlah yang lebih sedikit dan lebih hati-hati.

Menurut Faisal, penderita hipertensi sebaiknya mengonsumsi daging kambing tidak lebih dari 50 gram per hari dan memilih bagian daging yang lebih bebas lemak. Bagian daging kambing yang lebih lain, seperti bagian paha, mengandung lebih sedikit lemak dan purin dibandingkan bagian lainnya. Konsumsi daging yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan penumpukan plak di pembuluh darah, yang akhirnya meningkatkan tekanan darah.

Purin pada daging merah diubah menjadi asam urat di dalam tubuh, dan jika berlebihan, dapat menyebabkan hiperurisemia yang merupakan faktor risiko hipertensi. Faisal juga menyarankan para penderita hipertensi untuk mengolah daging kambing secara sehat, seperti dengan menghindari metode menggoreng. Sebagai gantinya, Faisal merekomendasikan metode memasak yang lebih sehat, seperti merebus, menumis, atau membakar daging kambing.

Selain itu, kadar garam yang berlebihan dalam pengolahan daging kambing juga berkontribusi terhadap risiko hipertensi. Garam dapat meningkatkan natrium dalam daging yang menyebabkan retensi air di tubuh dan kondisi aliran tinggi di pembuluh arteri. Oleh karena itu, Faisal menyarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan ketika mengonsumsi daging kambing, karena hal ini membantu menyeimbangkan kadar purin dan kolesterol dalam tubuh.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Pengertian Kornea
0 Suka, 0 Komentar, 25 Jun 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%