Tampang

Bukan Cuma Kopi Susu, Ini 4 Makanan yang 'Haram' Diberikan pada Bayi

4 Jun 2024 15:00 wib. 39
0 0
Buah Pisang

Sekitar setahun yang lalu atau awal tahun 2023 lalu, publik dihebohkan dengan curhatan seorang ibu yang kehilangan bayinya akibat diberi minuman jamu racikan daun kecipir. Masalah tidak berhenti di situ, sebab munculnya video seorang bayi diberi minuman kopi susu sachet yang kemudian mengalami diare dan buang air besar hingga sembilan kali. Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan kurangnya pengetahuan para orang tua terkait asupan makanan yang pantang diberikan pada bayi, terutama pada usia di bawah enam bulan.

Tidak hanya jamu dan kopi susu, namun ada beberapa makanan lain yang sebenarnya tidak diperkenankan untuk diberikan pada bayi. Berikut adalah daftar makanan tersebut:

1. Pisang
Meskipun memiliki tekstur yang lembek, pisang merupakan buah bertekstur padat yang sebaiknya tidak diberikan pada bayi. Menurut ahli gizi Angga, banyak orang tua sering salah dalam memberikan pisang pada bayi mereka. Sebaiknya, pisang boleh diberikan pada bayi saat usianya sudah di atas delapan bulan. Ini dikarenakan pencernaan bayi belum siap untuk mencerna makanan bertekstur padat seperti pisang.

2. Madu
Madu mungkin dianggap sebagai pemanis alami yang kaya nutrisi, namun sebenarnya madu tidak boleh diberikan pada bayi, terutama jika usianya masih di bawah satu tahun. Dr. Kurniawan Satria Denta, seorang dokter spesialis anak di RS Mayapada Kuningan, Jakarta Selatan, mengungkapkan bahwa madu mengandung bakteri Clostridium botulinum yang dapat menyebabkan keracunan pada bayi.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Fuji: Pertemanan Yang Menguntungkan
0 Suka, 0 Komentar, 15 Jun 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%