Tampang

Smelter Tembaga Freeport di Gresik Siap Beroperasi Juni 2024

1 Jun 2024 09:58 wib. 633
0 0
Smelter Tembaga Freeport di Gresik Siap Beroperasi Juni 2024
Sumber foto: google

PT Freeport Indonesia (PTFI) telah mengonfirmasi bahwa smelter tembaga di Gresik, Jawa Timur, akan siap beroperasi pada Juni 2024 mendatang. Ini akan menjadi smelter kedua yang dimiliki oleh Freeport di Indonesia. Fasilitas pengolahan ini memiliki kapasitas produksi 1,7 juta dry metric ton (dmt) untuk mengolah konsentrat tembaga.

Proses konstruksi smelter ini telah dimulai dan diharapkan selesai sesuai target pada akhir Mei 2024, dengan rencana mulai beroperasi pada Juni 2024. Dalam keterangan resmi yang dikeluarkan pada Jumat (31/5), Freeport menyatakan bahwa smelter ini adalah bagian dari komitmennya dalam mendukung program hilirisasi yang dicanangkan oleh pemerintah.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI), Tony Wenas, sebelumnya memastikan bahwa fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) perusahaan, yang berlokasi di kawasan JIIPE, Gresik, Jawa Timur, akan siap beroperasi pada Juni 2024. “Hari ini saya berkunjung ke Smelter untuk memantau perkembangan penyelesaian pembangunan Smelter PTFI. Saat ini kami tengah melakukan proses commissioning yaitu pengujian, percobaan, trial, untuk memastikan peralatan dan sistem yang didesain, diinstal, dan dioperasikan sudah sesuai sebagai upaya menyelesaikan proyek smelter ini untuk selesai secara substansial. Diharapkan pada bulan Juni sudah bisa beroperasi,” ujar Tony saat berkunjung ke smelter Gresik, Sabtu (25/5).

Tony menjelaskan bahwa pembangunan smelter ini adalah bagian dari komitmen perusahaan dalam meningkatkan nilai tambah mineral dan mendukung kebijakan hilirisasi industri yang dicanangkan oleh pemerintah. Proyek smelter kedua perusahaan, yang dimulai sejak Oktober 2021, dirancang dengan kapasitas peleburan konsentrat tembaga sebesar 1,7 juta ton per tahun, menjadikannya sebagai smelter dengan rancangan terbesar di dunia.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Kolam Renang Terdalam di Indonesia
0 Suka, 0 Komentar, 17 Apr 2024
7 Fakta Menarik tentang Kecerdasan
0 Suka, 0 Komentar, 30 Agu 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%