Tampang

9 Alasan Mengapa Tubuh Terasa Letih Setelah Bangun Tidur

26 Jul 2024 16:13 wib. 94
0 0
9 Alasan Mengapa Tubuh Terasa Letih Setelah Bangun Tidur

 Tidur adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita. Selama tidur, tubuh memiliki kesempatan untuk beristirahat, memulihkan diri, dan memperbaiki sel-sel di dalam organ setelah beraktivitas. Akan tetapi, terkadang, meskipun telah tidur dalam waktu yang cukup, seseorang justru merasa tubuhnya masih lelah, pegal, dan pusing saat bangun tidur di pagi hari. Apa yang menyebabkan hal ini terjadi?

Penyebab Tubuh Terasa Lelah Setelah Bangun Tidur

1. Menggertakan Gigi (Bruxism)

     Menggertakan gigi yang dalam istilah medis disebut bruxism dapat menjadi salah satu penyebab tubuh terasa lelah ketika bangun tidur di pagi hari. Selain kelelahan, bruxism juga dapat menyebabkan gangguan tidur, kerusakan gigi, sakit telinga, sakit kepala, dan gangguan pada rahang.

2. Sindrom Kaki Gelisah

     Sindrom kaki gelisah ditandai dengan dorongan yang tidak terkendali untuk menggerakkan kaki saat tidur. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh rasa tidak nyaman pada kaki, betis, atau paha, yang dapat menyebabkan kelelahan setelah bangun tidur.

3. Periodic Limb Movements Disorder (PLMD)

     PLMD adalah gangguan yang terjadi tanpa disadari dan secara berkala ketika seseorang menggerakkan anggota tubuhnya selama tidur. Kondisi ini dapat mengganggu tidur dan menyebabkan kelelahan di pagi hari yang berlanjut sepanjang hari.

4. Faktor Gaya Hidup dan Pola Makan

     Beberapa faktor gaya hidup dan pola makan juga dapat menyebabkan tubuh terasa lelah saat bangun di pagi hari, antara lain:
- Nokturia: kebiasaan buang air kecil berlebihan di malam hari dapat menyebabkan seseorang merasa lelah saat bangun di pagi hari.
- Konsumsi Kafein: kafein dapat mengganggu tidur dan menyebabkan kelelahan.
- Makanan Berlemak atau Pedas: mengonsumsi makanan yang pedas atau berlemak sebelum tidur dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang.
- Kurang Berolahraga:kurangnya olahraga dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang.
- Konsumsi Alkohol: kebiasaan mengonsumsi alkohol dapat memicu sleep apnea dan menyebabkan kualitas tidur menjadi buruk.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?