Tampang

Warga Jawa Barat Paling Banyak Nunggak Hutang Pinjol, Tembus Rp16,5 Triliun

3 Apr 2024 13:05 wib. 581
0 0
Warga Jawa Barat Paling Banyak Nunggak Hutang Pinjol, Tembus Rp16,5 Triliun

Data statistik P2P lending pada periode Januari 2024 menunjukkan bahwa Jawa Barat memiliki jumlah utang pinjol tertinggi di Indonesia, mencapai Rp16,55 triliun.

Tingkat TWP90 di Jawa Barat mencapai 3,77%, melebihi rata-rata nasional sebesar 2,95%. Tingkat kredit macet di Jawa Barat ini juga mengalami lonjakan sebesar 22,58% secara tahunan dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti krisis ekonomi, rendahnya literasi keuangan, serta ketidakstabilan pendapatan dapat menjadi penyebab meningkatnya tingkat kredit macet di Jawa Barat. Hal ini menunjukkan adanya ketidakmampuan dalam membayar pinjaman sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Faktor lain yang juga berperan dalam peningkatan kredit macet di Jawa Barat adalah adanya ketidakseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran, serta rendahnya kesadaran akan pentingnya pengaturan keuangan pribadi. Diperlukan upaya lebih lanjut dalam memberikan pendidikan dan edukasi keuangan kepada masyarakat agar mampu mengelola keuangan mereka dengan lebih bijaksana.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Microsoft Exel
0 Suka, 0 Komentar, 26 Mar 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?