Tampang

Keutamaan Sholat Tahajud: Amalan Ibadah yang Mendekatkan Diri kepada Allah

27 Jun 2024 15:16 wib. 34
0 0
Sholat Tahajud
Sumber foto: Google

Sholat Tahajud merupakan salah satu amalan ibadah yang memiliki keutamaan yang sangat besar dalam agama Islam. Sholat ini dilakukan di malam hari setelah tidur sebentar dan sebelum waktu Fajar dimulai. Dalam Islam, ibadah ini terdapat banyak keutamaan dan manfaat yang menjadikannya sebagai salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai keutamaan Sholat Tahajud dan bagaimana ibadah ini dapat mendekatkan diri kepada Allah.

 Keutamaan Tahajud
Sholat Tahajud memiliki banyak keutamaan yang menjadikannya sebagai ibadah yang istimewa di sisi Allah. Rasulullah SAW sendiri sangat menekankan pentingnya ibadah Tahajud. Dalam sebuah hadis disebutkan, "Amalan malam hari lebih utama daripada amalan siang hari, dan sholat malam lebih utama dari sholat siang, serta Allah SWT menyukai perbuatan yang dijalankan secara terus menerus." Dari hadis ini dapat dipahami betapa besar keutamaan Sholat Tahajud di sisi Allah.

Pertama, melalui Sholat Tahajud, seorang Muslim bisa mendekatkan diri kepada Allah. Seperti yang telah disebutkan dalam Al-Qur'an, "Berpalinglah kepada Allah dengan keinginan untuk mendekatkan diri kepada-Nya," (Al-Muzzammil: 8). Dengan melakukan ibadah Tahajud, seseorang menunjukkan rasa taat dan ketaatan kepada Allah, sehingga mendekatkan diri kepada-Nya.

Kedua, Sholat Tahajud adalah amalan yang paling dicintai oleh Allah. Dalam sebuah hadis qudsi, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa Allah turun ke langit dunia setiap malam dalam sepertiga terakhir malam untuk memberi ampunan kepada hamba-Nya yang melakukan Sholat Tahajud. Hal ini menunjukkan betapa besar kasih sayang Allah terhadap hamba-Nya yang berusaha mendekatkan diri kepada-Nya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

robin
0 Suka, 0 Komentar, 29 Jun 2017
Emha Ainun Nadjib: Saya Anti Demokrasi
0 Suka, 0 Komentar, 6 Mei 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%