Tampang

Sukses Kakao Asal Jembrana Mampu Tembus Pasar Ekspor

8 Mei 2024 23:09 wib. 116
0 0
Sukses Kakao Asal Jembrana Mampu Tembus Pasar Ekspor
Sumber foto: google

Koperasi Kerta Semaya Samaniya berhasil mengukir prestasi dengan melakukan ekspor senilai Rp1,5 miliar ke Belgia, Perancis, Italia, dan Jepang pada tahun 2023. Hasil ini menunjukkan potensi ekspor produk kakao dari Jembrana ke pasar internasional.

Kabupaten Jembrana terletak di ujung barat Pulau Bali dengan luas wilayah 841,80 km² atau 14,96 persen dari luas wilayah Pulau Bali. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Tabanan di timur, Kabupaten Buleleng di utara, Selat Bali di barat, dan Samudera Hindia di selatan.

Kabupaten Jembrana terdiri dari lima kecamatan, yaitu Kecamatan Melaya, Kecamatan Negara, Kecamatan Jembrana, Kecamatan Mendoyo, dan Kecamatan Pekutatan. Kabupaten ini tidak hanya dikenal dengan potensi pariwisatanya yang menarik, tetapi juga memiliki julukan "Kota Cokelat" karena menjadi penghasil biji kakao kualitas premium.

Penghargaan dari Alliance of Bioversity International dan International Center for Tropical Agriculture juga menegaskan bahwa Jembrana memiliki kakao berkualitas tinggi yang mampu bersaing di pasar global. Ini sejalan dengan upaya pihak swasta dan pemerintah di Provinsi Bali dalam mendorong pengembangan produk lokal yang dapat diekspor ke mancanegara.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

bj habibie
0 Suka, 0 Komentar, 26 Jul 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%