Tampang

SMF Minta Suntikan APBN Rp1,89 T, Mau Dipakai untuk Ini!

1 Jul 2024 21:29 wib. 35
0 0
SMF Minta Suntikan APBN Rp1,89 T, Mau Dipakai untuk Ini!
Sumber foto: iStock

PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) Persero telah mengajukan Permintaan Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp 1,89 triliun untuk tahun 2024. Dana PMN tersebut akan digunakan untuk mendukung pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama PT SMF, Ananta Wiyogo dalam rapat mengenai PMN 2024 dengan Komisi XI DPR RI pada Senin, (1/7/2024).

Ananta Wiyogo menjelaskan bahwa SMF merupakan special mission vehicle yang memiliki tugas untuk memberikan pembiayaan sekunder di sektor perumahan. Pembiayaan ini merupakan upaya pemerintah dalam mengatasi backlog perumahan yang mencapai 9,9 juta unit. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak yang perlu dilakukan dalam pembangunan perumahan serta pembiayaannya.

Dalam konteks tersebut, pemerintah memiliki berbagai program, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Dalam kedua program tersebut, SMF ditugaskan untuk menanggung porsi pembiayaan sebesar 25%. Oleh karena itu, usulan penggunaan PMN sebesar Rp 1,89 triliun tahun ini akan dialokasikan untuk mendukung pembiayaan 25% porsi tersebut.

Ananta menjelaskan bahwa PMN yang diberikan nantinya akan dikombinasikan dengan pembiayaan dari penerbitan surat utang. Dengan demikian, total dana yang akan didapatkan untuk pembiayaan KPR dan FLPP mencapai Rp 7,02 triliun. Perlu ditekankan bahwa PMN sebesar 100% akan didedikasikan hanya untuk KPR dan FLPP, bukan untuk kepentingan komersial.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Lapak PKL di Puncak Dibongkar
0 Suka, 0 Komentar, 25 Jun 2024
Ini Loh Fungsi Utama Jakun Pada Pria
0 Suka, 0 Komentar, 22 Jul 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%