Tampang

Warga Jawa Barat Paling Banyak Nunggak Utang Pinjol Tembus Rp 16,55 T

4 Apr 2024 10:27 wib. 70
0 0
Warga Jawa Barat Paling Banyak Nunggak Utang Pinjol Tembus Rp 16,55 T
Sumber foto: Google

Pinjaman online (pinjol) memang menjadi salah satu solusi praktis bagi masyarakat yang membutuhkan dana cepat. Namun, seiring dengan mudahnya akses untuk mendapatkan pinjaman ini, juga membawa dampak negatif bagi sebagian masyarakat. Di Jawa Barat, tingginya jumlah warga yang menunggak pembayaran utang pinjol menjadi perhatian serius, dengan jumlah total utang yang mencapai Rp 16,55 triliun.

Dalam beberapa tahun terakhir, pinjol telah menjadi pilihan utama bagi sebagian masyarakat Jawa Barat yang membutuhkan dana darurat. Namun, kurangnya pemahaman akan risiko dan tanggung jawab dalam mengelola keuangan pribadi telah menyebabkan banyak warga terjebak dalam jeratan utang pinjol. Hal ini disebabkan oleh bunga yang tinggi dan kurangnya regulasi yang mengaturnya.

Menurut data terbaru, warga Jawa Barat menjadi salah satu pengguna pinjol terbanyak di Indonesia. Diperkirakan sekitar 25% dari total penduduk Jawa Barat pernah menggunakan jasa pinjol. Dan dari jumlah tersebut, sekitar 30% di antaranya terlambat membayar cicilan atau bahkan menunggak pembayaran utang.

Faktor-faktor yang menyebabkan tingginya jumlah warga Jawa Barat yang menunggak utang pinjol antara lain adalah kurangnya literasi keuangan, tekanan ekonomi, dan kebutuhan mendesak tanpa memiliki tabungan darurat. Banyak dari mereka yang terjebak dalam lingkaran setan utang akibat pinjol yang mengharuskan pembayaran dengan bunga yang tinggi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?