Tampang

Richard Stone: Nobel untuk Akun Nasional

18 Jun 2024 08:02 wib. 45
0 0
Richard Stone
Sumber foto: Pinterest

Richard Stone adalah seorang ekonom asal Inggris yang dikenal sebagai salah satu pelopor dalam pengembangan akun nasional. Pada tahun 1984, Stone dianugerahi Hadiah Nobel dalam Ilmu Ekonomi untuk kontribusinya dalam pengembangan sistem akun nasional.

Akun nasional adalah suatu konsep yang penting dalam ilmu ekonomi modern. Konsep ini membantu dalam memahami dan menganalisis kinerja perekonomian suatu negara. Kontribusi Stone terhadap pengembangan akun nasional telah membantu para ekonom dan policymaker dalam memahami dinamika perekonomian, mengembangkan kebijakan ekonomi, dan merumuskan strategi pembangunan.

Salah satu kontribusi terbesar Stone adalah pengembangan "tabel input-output" yang menjadi dasar dari sistem akun nasional. Tabel input-output ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang interaksi antara sektor-sektor ekonomi dalam suatu negara. Dengan adanya tabel input-output, para ekonom dapat melacak aliran uang, barang, dan jasa antar sektor ekonomi, sehingga memahami dampak dari perubahan di satu sektor terhadap sektor-sektor lainnya.

Pengembangan akun nasional oleh Stone juga melibatkan pengukuran aktivitas ekonomi secara menyeluruh, seperti pendapatan nasional, tingkat konsumsi, investasi, dan sektor perdagangan luar negeri. Hasil dari pengukuran-pengukuran ini membantu dalam mengevaluasi kesehatan perekonomian suatu negara, mengetahui sumber daya yang digunakan, dan memahami distribusi pendapatan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%