Tampang

Pemilik Emas Menangis Histeris Pekan Ini, Ini Penyebabnya

27 Jul 2024 13:30 wib. 155
0 0
Pemilik Emas Menangis Histeris Pekan Ini, Ini Penyebabnya
Sumber foto: iStock

Harga emas dunia dalam sepekan mengalami penurunan, menimbulkan kekhawatiran bagi para pemegang investasi emas. Penurunan ini dikaitkan dengan data pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) yang cukup kuat walaupun inflasi menurun.

   Di akhir pekan lalu, pada penutupan perdagangan Jumat (26/7/2024), harga emas di pasar spot naik ke angka US$2.385,57/troy ons, berbanding terbalik dengan penutupan perdagangan Kamis (25/7/2024) yang turun ke angka US$2.364,5/troy ons. Namun, secara mingguan, harga emas melemah sebesar 0,63% dari US$2.400,8/troy ons menjadi US$2.385,57/troy ons.

Pada awal pekan ini, terlihat harga emas naik sedikit akibat ketidakpastian di AS setelah Joe Biden mundur dari kandidat presiden AS. Mundurnya Biden dapat meningkatkan ketidakpastian, sehingga permintaan emas sementara meningkat.

   Tak hanya itu, mayoritas pelaku pasar juga menunggu dan melihat data ekonomi AS yang penting, yaitu pertumbuhan ekonomi untuk kuartal II-2024 pada Kamis dan inflasi Personal Consumption Expenditure (PCE) pada Jumat.

Beberapa proyeksi memperkirakan bahwa ekonomi AS akan tumbuh lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya, yang pada akhirnya menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor karena akan berdampak pada keputusan bank sentral AS (The Fed) untuk memangkas suku bunga acuannya.

   Departemen Perdagangan AS melaporkan bahwa data awal produk domestik bruto (PDB) AS pada kuartal II-2024 tumbuh 2,8% pada basis kuartalan (qtq), lebih tinggi dari kuartal sebelumnya yang hanya tumbuh 1,4%. Angka awal PDB AS pada kuartal II-2024 ini juga melebihi ekspektasi pasar yang sebelumnya memperkirakan pertumbuhan ekonomi AS sebesar 2%.

Laporan PDB terbaru menunjukkan bahwa dunia usaha terus berinvestasi dan konsumen masih mendorong pertumbuhan dengan belanja mereka, meskipun harga barang masih cenderung tinggi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Tips dan Trik Menguasai Karakter di Game MOBA
0 Suka, 0 Komentar, 12 Jul 2024
Inilah 4 Syarat Puasa Ramadhan 2018
0 Suka, 0 Komentar, 12 Mei 2018

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.