Tampang

Meneropong Dampak Hilirisasi Industri Jokowi, Benarkah Nilai Ekspor Naik dan Lapangan Kerja Bertambah?

10 Okt 2024 10:18 wib. 56
0 0
Meneropong Dampak Hilirisasi Industri Jokowi, Benarkah Nilai Ekspor Naik dan Lapangan Kerja Bertambah?
Sumber foto: Google

Selain sektor pertanian, industri manufaktur juga mendapat perhatian serius dalam upaya hilirisasi. Pemerintah mendorong pelaku industri manufaktur untuk meningkatkan nilai tambah melalui proses hilirisasi sehingga produk-produk Indonesia dapat bersaing di pasar internasional. BPS mencatat bahwa sebagian industri manufaktur berhasil meningkatkan nilai ekspornya setelah melalui proses hilirisasi. Namun, tantangan yang dihadapi industri manufaktur dalam proses hilirisasi antara lain adalah terkait dengan infrastruktur serta tenaga kerja yang berkualitas.

Terkait dengan lapangan kerja, upaya hilirisasi diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru melalui nilai tambah yang dihasilkan. Namun, terdapat perbedaan pendapat mengenai dampak nyata hilirisasi terhadap peningkatan lapangan kerja. Sebagian kalangan menilai bahwa hilirisasi dapat menciptakan lapangan kerja baru, terutama di sektor industri pengolahan. Namun, masih perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut terkait dengan kualitas dan kuantitas lapangan kerja yang tercipta, serta apakah lapangan kerja tersebut dapat menyerap tenaga kerja dari sektor primer yang terdampak hilirisasi.

Dalam menghadapi tantangan hilirisasi industri, pemerintah perlu terus melakukan evaluasi terhadap kebijakan-kebijakan yang telah diterapkan. Diperlukan sinergi antara pemerintah, pelaku industri, dan masyarakat dalam mengoptimalkan dampak positif hilirisasi industri. Penguatan infrastruktur, peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta dukungan terhadap inovasi dan teknologi menjadi kunci dalam meningkatkan efektivitas hilirisasi industri.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.