Tampang

Mendirikan Pondasi Digitalisasi untuk Mengoptimalkan Penerimaan Negara

10 Jul 2024 13:15 wib. 172
0 0
Mendirikan Pondasi Digitalisasi untuk Mengoptimalkan Penerimaan Negara
Sumber foto: hops.id

Pemerintah Indonesia sedang memperhatikan peningkatan penerimaan negara melalui program digitalisasi di berbagai sektor komoditas. Langkah ini diharapkan dapat mengatasi anjloknya penerimaan negara yang berasal dari pajak, seperti yang diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan melalui akun Instagramnya pada Rabu (10/7/2024).

Menurut Luhut, kondisi inefisiensi di berbagai sektor menjadi penyebab utama penurunan penerimaan negara dari Pajak Penghasilan (PPh) Badan. Oleh karena itu, upaya digitalisasi diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan pajak di sektor komoditas di Indonesia.

Menteri Luhut memandang bahwa penerapan teknologi berbasis elektronik, seperti Govtec, akan memainkan peran kunci dalam peningkatan penerimaan negara. Dengan keyakinan dirinya, Luhut menyatakan optimisme bahwa penerimaan negara dapat meningkat secara signifikan melalui pendekatan digitalisasi.

Sebagai contoh konkrit, Luhut mengacu pada sektor mineral dan batu bara (minerba) yang sudah menerapkan Sistem Informasi Pengelolaan Batu Bara (Simbara) antara Kementerian dan Lembaga. Melalui integrasi teknologi pada sektor ini, diharapkan dapat memperbaiki manajemen batu bara secara keseluruhan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.