Tampang

Kabar Baik Pekan Ini, Rupiah Bangkit Perkasa Tekuk Dolar ke Rp16.275

6 Jul 2024 18:22 wib. 129
0 0
Kabar Baik Pekan Ini, Rupiah Bangkit Perkasa Tekuk Dolar ke Rp16.275
Sumber foto: Unsplash

BI percaya bahwa cadangan devisa yang besar tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Hal ini dinilai positif oleh pelaku pasar, karena dengan besarnya cadangan devisa, tekanan terhadap rupiah dapat diredam atau distabilisasi.

Seiring dengan penguatan rupiah, kabar baik juga datang dari Amerika Serikat (AS). Data ekonomi dan tenaga kerja AS yang mulai menunjukkan perlambatan, serta optimisme pasar global akan pemangkasan suku bunga acuan bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed), turut memberikan kontribusi positif bagi penguatan rupiah.

Risalah pertemuan The Fed edisi Juni mengakui bahwa perekonomian AS tampaknya melambat dan "tekanan harga berkurang", namun tetap menyarankan pendekatan wait and see sebelum melakukan penurunan suku bunga. The Fed masih memerlukan lebih banyak data sebelum memangkas suku bunga, untuk memastikan bahwa inflasi yang lebih lemah baru-baru ini memberikan gambaran sebenarnya tentang apa yang terjadi pada tekanan harga. Menurut data perangkat FedWatch, peluang pemangkasan suku bunga The Fed sebanyak dua kali pada tahun ini mencapai 59,9%.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Sate Ayam
0 Suka, 0 Komentar, 23 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.