Tampang

Game Free Fire Terancam Diblokir di Indonesia, Ini Alasannya

27 Apr 2024 09:14 wib. 41
0 0
Game Free Fire Terancam Diblokir di Indonesia, Ini Alasannya
Sumber foto: Unsplash

Game Free Fire, salah satu permainan daring yang sedang populer di Indonesia, kini terancam akan diblokir oleh pemerintah. Ancaman tersebut tidak datang begitu saja, melainkan berdasarkan ketentuan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang mengatur klasifikasi game melalui Peraturan Menteri Kominfo Nomor 2 Tahun 2024. Peraturan ini menekankan perlunya rating yang jelas sehingga permainan dapat disesuaikan dengan kelompok umur yang tepat.

Menurut pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie, rating tersebut harus dicantumkan dan disosialisasikan kepada setiap platform dalam rangka memastikan bahwa pemain dapat memahami kelayakan usia dalam mengakses permainan. Hal ini sejalan dengan praktik yang sudah lazim dalam industri hiburan seperti film yang menggunaan label usia sebagai panduan untuk penontonnya.

"Jika suatu permainan dikategorikan untuk orang dewasa, maka tentu saja anak-anak harus dihindari dari aksesnya. Adanya rating akan memudahkan para orang tua untuk mengawasi dan mengontrol permainan yang sesuai dengan usia anak," ujar Budi Arie dalam keterangan tertulisnya pada hari Selasa, 23 April 2024.

Pemerintah juga menegaskan bahwa dapat melakukan pemblokiran terhadap game yang tidak mematuhi persyaratan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 2 Tahun 2024. Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Nahar.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?