Tampang

Breaking! Rupiah Melemah, Dolar Tembus Rp 16.400

21 Jun 2024 07:00 wib. 3.093
0 0
Breaking! Rupiah Melemah, Dolar Tembus Rp 16.400
Sumber foto: iStock

Rupiah kembali tertekuk terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di tengah situasi wait and see yang dihadapi pelaku pasar terkait suku bunga Bank Indonesia (BI) hari ini. Berdasarkan data dari Refinitiv, pada pukul 09:21 WIB, rupiah melemah sebesar 0,24% dan mencapai angka Rp16.400/US$ pada hari Kamis (20/6/2024). Kondisi ini menandai pelemahan terbesar dalam empat tahun terakhir, sejak munculnya pandemi Covid-19.

Sementara itu, indeks dolar AS (DXY) stagnan di level 105,25, tak berbeda dengan posisi pada hari sebelumnya (19/6/2024) yang ditutup di angka yang sama.

Depresiasi rupiah ini terjadi di tengah antisipasi pelaku pasar terkait keputusan suku bunga BI yang akan disampaikan oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo pada sore hari ini. Berdasarkan konsensus yang dihimpun oleh CNBC Indonesia dari 11 lembaga/institusi, diperkirakan BI akan mempertahankan suku bunga di level 6,25% tanpa mengalami kenaikan atau penurunan pada pertemuan Juni ini.

Para pelaku pasar yakin bahwa BI masih memiliki keleluasaan untuk menstabilkan nilai tukar rupiah tanpa harus menaikkan suku bunga, dengan menggunakan berbagai instrumen seperti triple intervention dan instrumen lainnya. Namun, keputusan akhir masih menimbulkan ketegangan di pasar finansial.

Situasi ini menjadi perhatian serius mengingat dampaknya terhadap berbagai sektor ekonomi. Pelemahan rupiah bisa berdampak pada kenaikan harga barang impor, inflasi, dan daya beli masyarakat. Melihat pertumbuhan ekonomi yang sedang diupayakan, penguatan rupiah menjadi salah satu indikator yang penting.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.