Tampang

Bekasi di Prediksi jadi Target Pendatang Setelah Mudik Lebaran

17 Jun 2017 21:48 wib. 1.225
0 0
Bekasi di Prediksi jadi Target Pendatang Setelah Mudik Lebaran

Tampang.com- Mudik menjadi tradisi tersendiri di Indonesia saat lebaran tiba. Para perantau yang bekerja di Jakarta dan sekitarnya rata-rata berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tak heran jika setiap moment mudik atau pulang kampung, jalur pantura maupun selatan jawa selalu di penuhi para pemudik. Alasan silaturahmi dengan orang tua dan keluarga yang tinggal di kampung halaman menjadi alasan dasar para pemudik untuk pulang ke rumah walaupun dengan bekal seadanya.

Saat kembali ke tempat kerja, tidak sedikit para pemudik yang membawa saudara, teman atau tetangga yang belum mempunyai pekerjaan atau menganggur untuk mengadu nasib di kota-kota yang menjadi tempat kerja mereka yang sudah berhasil dalam mencari penghasilan atau minimal mempunyai kehidupan yang ebih baik dari yang di kampung halaman. namun sayangnya kedatangan para pendatang ini terkadang hanya berbekal modal nekat atau mengandalkan saudaranya yang sudah bekerja di kota yang dituju. Alhasil bukan pekerjaan yang mereka dapat, tapi pengangguran bertambah banyak di kota-kota yang dituju.

Bekasi, menjadi salah satu target para pendatang yang ingin mengadu nasib. Banyaknya pabrik di Bekasi yang mendorong para pendatang ini untuk bekerja di kota ini dengan cenderung mengandalkan sanak famili atau saudara yang sudah bekerja di pabrik yang ada di Bekasi.

Kepala Dinas kependudukan dan Catatan Sipil ( Disdukcapil ) Kota Bekasi, Erwin Effendi, menjelaskan umumnya para pendatang ini mencari pekerjaan setelah lulus sekolah. Erwin memprediksi pendatang yang akan datang ke Bekasi sekitar 200 ribu orang.

<12>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%