Tampang

Bank Dunia Naikkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI jadi 5 Persen pada 2024, Ada Tapinya

15 Jun 2024 18:14 wib. 43
0 0
Bank Dunia Naikkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI jadi 5 Persen pada 2024, Ada Tapinya
Sumber foto: iStock

Bank Dunia atau World Bank telah merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2024 menjadi 5 persen, yang menunjukkan kenaikan sebesar 0,1 poin persentase dari proyeksi sebelumnya di bulan Januari 2024 yang sebesar 4,9 persen.

Lembaga keuangan internasional ini memberikan penjelasan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini didorong oleh pertumbuhan konsumsi swasta yang solid, inflasi yang terkendali, dan pasar tenaga kerja yang stabil. Bank Dunia melaporkan hal ini dalam edisi Juni 2024 dari laporan Global Economic Prospects.

Dalam pernyataannya, Bank Dunia menyampaikan perkiraan bahwa pertumbuhan ekonomi domestik di sebagian besar negara-negara di kawasan Asia-Pasifik, termasuk Indonesia, Malaysia, dan Filipina, akan didukung oleh pertumbuhan konsumsi swasta yang kuat, yang didorong oleh inflasi yang rendah dan penurunan biaya pinjaman. Selain itu, kondisi pasar tenaga kerja yang kuat juga turut berperan dalam mengerek pertumbuhan ekonomi.

Namun demikian, Bank Dunia juga menyoroti bahwa investasi baik yang berasal dari sektor swasta maupun publik diperkirakan masih akan tetap lemah. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya ketidakpastian, termasuk transisi dan konflik politik yang terjadi belakangan ini. Selain itu, kebijakan perdagangan global juga dianggap berpotensi untuk mengurangi investasi sektor swasta.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Wajah Berjerawat
0 Suka, 0 Komentar, 16 Mar 2024
Caroline Wozniacki Juara WTA 2017
0 Suka, 0 Komentar, 31 Okt 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%