Tampang

Penemu Teori Kalender Setahun 365 Hari yang Tak Disangka

14 Jul 2024 09:20 wib. 108
0 0
Penemu Teori Kalender Setahun 365 Hari yang Tak Disangka
Sumber foto: smkcijangkar.sch.id

Penetapan hari dan dalam satu tahun kalender yang digunakan saat ini sebenarnya telah diterapkan oleh bangsa Arab di Timur Tengah, tepatnya pada era Mesir kuno. Dalam satu tahun kalender yang dikenal saat ini berjumlah 365 hari. Jumlah itu merupakan hasil pembulatan dari waktu Bumi untuk mengorbit Matahari, yaitu selama 365,242190 hari atau 365 hari 5 jam 48 menit 56 detik.

Seorang ilmuwan Muslim asal Suriah, Abu Abdullah Muammad ibnu Jabir ibn Sinan al-Raqqi al-Harrani as-Sabi al-Battani atau dikenal secara global dengan nama Al-Battani, memiliki peran besar dalam penemuan teori tentang kalender setahun yang terdiri dari 365 hari. Lahir pada tahun 858 dan wafat di Iraq pada 929, Al-Battani dikenal sebagai astronom dan matematikawan di tanah Arab. Namanya dikenal di literatur Latin dengan sebutan Albategnius, Albatenius, atau Albategni.

Selain kontribusi tersebut, Al-Battani berhasil menyempurnakan perhitungan astronomi Ptolomeus dengan mengganti metode geometri dengan trigonometri. Dengan keahliannya sebagai seorang astronom, ia juga berhasil menyempurnakan nilai-nilai yang ada untuk panjang tahun dan musim untuk presisi tahunan ekuinoks dan untuk inklinasi ekliptika. Ia juga menunjukkan bahwa titik terjauh dari Bumi bervariasi dan gerhana Matahari annular mungkin terjadi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?