Tampang

Supermoon: Fenomena Langit yang Mengagumkan dan Cara Melihatnya

13 Jun 2024 04:25 wib. 39
0 0
supermoon
Sumber foto: Pinterest

Supermoon atau bulan super merupakan salah satu fenomena langit yang selalu mengundang decak kagum dari para pecinta astronomi dan pengamat langit. Saat supermoon terjadi, bulan terlihat lebih besar dan lebih terang dari biasanya karena jaraknya yang lebih dekat dengan Bumi. Fenomena ini menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang karena keindahan yang luar biasa dari bulan super ini. Bagi yang ingin menyaksikan keindahan supermoon, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengamati fenomena langit yang spektakuler ini.

Supermoon terjadi ketika bulan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi, yang disebut sebagai perigee. Kala itu, bulan terlihat sekitar 14% lebih besar dan 30% lebih terang dari bulan purnama biasa. Fenomena ini menyajikan pemandangan langit yang luar biasa yang patut untuk disaksikan oleh siapa pun yang memiliki ketertarikan terhadap astronomi dan langit. Supermoon biasanya terjadi beberapa kali dalam setahun, sehingga para penggemar astronomi memiliki kesempatan untuk menikmati keindahan fenomena langit ini beberapa kali dalam setahun.

Untuk dapat melihat supermoon dengan jelas, pengamat langit disarankan untuk mencari tempat yang minim polusi cahaya, seperti dataran tinggi atau pedesaan. Pemilihan lokasi yang tepat akan membantu pengamat untuk mendapatkan pemandangan langit yang lebih jelas dan cerah. Selain itu, memantau perkiraan waktu keluarnya supermoon juga diperlukan agar pengamat dapat siap sedia untuk menyaksikan fenomena langit yang mengagumkan ini.

Selain itu, penggunaan alat bantu seperti teropong atau teleskop juga dapat meningkatkan pengalaman melihat supermoon. Dengan bantuan alat bantu tersebut, pengamat dapat melihat detail-detail keindahan bulan super dengan lebih jelas dan mendetail. Namun, bagi yang tidak memiliki akses teropong atau teleskop, melihat supermoon dengan mata telanjang juga sama memukau dan mengagumkan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Lowongan Kerja Tour Sales
0 Suka, 0 Komentar, 14 Apr 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%