Tampang

Pemegang Kunci Ka'bah Ke-109 dari Bani Syaibah Wafat

23 Jun 2024 18:26 wib. 146
0 0
Dr Saleh, keturunan Bani Syaibah, pemegang kunci Ka'bah, wafat pada Jumat (21/6/2024).

Dr. Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Syaibi lahir di Makkah pada tahun 1947 dari keluarga penjaga Ka'bah selama berabad-abad. Beliau meraih gelar doktor studi Islam dari Universitas Ummu Al-Qura dan meniti karir sebagai seorang dosen selama beberapa tahun. Pada tahun 1980, Saleh ditunjuk sebagai kepala penjaga Ka'bah, menggantikan pamannya, Syeikh Abdullah Al-Qadir Al-Syaibi, dan memegang posisi tersebut hingga akhir hayatnya.

Kunci Ka'bah yang dipegang oleh Bani Syaibah memiliki panjang 35 cm, terbuat dari nikel, dan dilapisi emas 18 karat. Kunci tersebut disimpan dalam sebuah tas khusus dari sutra berwarna hijau dan emas.

Selama menjabat sebagai kepala penjaga Ka'bah, Saleh menjaga kesucian Ka'bah dan secara pribadi membersihkan bangunan tersebut lebih dari 100 kali. Beliau juga aktif dalam menulis buku dan artikel di bidang studi Islam serta terlibat dalam berbagai konferensi dan seminar ilmiah. Profesi sebagai penjaga Ka'bah merupakan pekerjaan paling terkenal, tertua, dan memiliki kehormatan tinggi di Makkah.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Simbolisme dan Makna Patung Buddha
0 Suka, 0 Komentar, 21 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.