Tampang

Pemegang Kunci Ka'bah Ke-109 dari Bani Syaibah Wafat

23 Jun 2024 18:26 wib. 149
0 0
Dr Saleh, keturunan Bani Syaibah, pemegang kunci Ka'bah, wafat pada Jumat (21/6/2024).

Kepala penjaga serta pemegang kunci Ka'bah, Dr. Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Syaibi, telah meninggal dunia pada Jumat (21/6) malam. Jenazahnya disalati di Masjidil Haram, Makkah, pada Sabtu (22/6) pagi, dan kemudian dimakamkan di pekuburan Ma'la. Informasi ini diambil dari sumber Al Arabiya pada hari Minggu (23/6).

Beliau adalah pemegang kunci Ka'bah ke-109, yang memiliki kewenangan sejak Penaklukan Makkah (Fathu Makkah) dari kekuasaan kafir Quraisy. Penaklukan ini berlangsung tanpa pertumpahan darah dan dipimpin oleh Nabi Muhammad SAW pada tahun 8 Hijriah atau 630 Masehi. Kala itu, kunci Ka'bah dipegang oleh Usman bin Thalhah. Setelah kematiannya, kunci tersebut diwariskan kepada Syaibah bin Usman bin Thalhah.

Dalam sejarah Islam, kunci Ka'bah awalnya dipegang oleh Nabi Ismail yang membangun kembali Ka'bah bersama ayahnya, Nabi Ibrahim. Seiring perubahan zaman, kunci ini terpindah tangannya ke sejumlah suku, baik di zaman jahiliyah maupun era Islam, sebelum akhirnya jatuh ke tangan Bani Syaibah, keturunan Thalhah. Berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW, "Ambillah kunci ini wahai Bani Thalhah, ia akan terus berada pada tangan kalian selama-lamanya, dan tiada yang merebutnya kecuali dia termasuk orang yang zalim." (HR Thabrani).

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.