Tampang

Misteri Tersembunyi: Rahasia Suku Kuno di Candi Borobudur

28 Mei 2024 20:28 wib. 328
0 0
Rahasia Suku Kuno di Candi Borobudur
Sumber foto: Pinterest

Candi Borobudur merupakan salah satu cagar budaya yang memiliki keindahan arsitektur yang memukau. Terletak di Jawa Tengah, Indonesia, candi ini menjadi tempat wisata populer dan menjadi salah satu warisan dunia UNESCO. Namun, di balik keindahan arsitektur dan sejarahnya yang kaya, Borobudur juga menyimpan misteri dan rahasia tentang suku kuno yang mendiami tempat tersebut.

Pertama kali ditemukan kembali pada tahun 1814, Candi Borobudur merupakan salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. Namun, menariknya, sejarah asli candi ini masih menjadi teka-teki bagi para ahli arkeologi. Bangunan megah yang terdiri dari sembilan tingkat ini diyakini dibangun pada abad ke-8 atau ke-9 M. Namun, belum ada kepastian mengenai siapa yang membangunnya dan apa tujuan sebenarnya dari pembangunan candi ini.

Salah satu misteri terbesar mengenai Candi Borobudur adalah keberadaan relief-relief yang tersebar di dinding-dinding candi. Relief tersebut menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat pada masa itu dan juga kisah-kisah dari ajaran Buddha. Namun, ada pula relief yang menggambarkan sosok-sosok makhluk mistis dan cerita-cerita yang terkait dengan kepercayaan animisme. Hal ini menimbulkan pertanyaan besar mengenai pengaruh agama dan kepercayaan suku kuno yang mendiami wilayah sekitar Candi Borobudur.

Menurut para ahli, wilayah sekitar Candi Borobudur pada masa lalu dihuni oleh suku Kalingga atau suku Syailendra. Suku Kalingga merupakan salah satu suku yang memiliki kekuatan politik dan pengaruh besar pada masa kejayaan candi ini. Mereka dikenal sebagai pengusung agama Buddha di wilayah tersebut. Namun, teori lain juga mengatakan bahwa suku kuno yang mendiami wilayah sekitar Candi Borobudur juga masih mempertahankan kepercayaan animisme dan berbagai praktik kepercayaan lainnya, yang tercermin dalam relief-relief candi.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

aku bukan
0 Suka, 0 Komentar, 30 Jun 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%