Tampang

Menguak Misteri "9 Naga", Sosok Penguasa Ekonomi Indonesia

17 Jun 2024 20:31 wib. 46
0 0
Menguak Misteri "9 Naga", Sosok Penguasa Ekonomi Indonesia
Sumber foto: kincir.com

Misteri di balik sosok "9 Naga" telah menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia. Mereka diceritakan sebagai penguasa ekonomi Tanah Air, namun keberadaan sebenarnya masih dipenuhi dengan tanda tanya. Istilah "9 Naga" bukanlah merujuk kepada sebuah kelompok usaha atau organisasi yang konkret, melainkan lebih kepada sebutan untuk sekelompok pengusaha yang diyakini memiliki pengaruh besar dalam perekonomian Indonesia.

Jejak "9 Naga" ini dapat ditelusuri sejak masa Orde Baru, di mana istilah ini lebih memiliki konotasi negatif dan misterius. Berdasarkan investigasi yang dilakukan oleh Tempo dengan judul "Mafia Bisnis" Tommy Winata (2020, hlm 12), "9 Naga" atau Gang of Nine disinyalir merupakan sekelompok orang yang memiliki pengaruh luas dalam bisnis yang cenderung gelap, seperti judi, obat bius, dan penyelundupan. Mereka diduga memiliki koneksi kuat yang membuat aktivitas bisnis mereka sulit diungkap dan dihentikan. Meskipun begitu, identitas sebenarnya dari para anggota "9 Naga" ini masih belum terungkap dengan pasti.

Menurut investigasi yang sama, sejumlah pengusaha seperti Aguan, Haryadi Kumala, Iwan Cahyadi, Yorrys, Arief Cocong, Edi Porkas, Arie Sigit, Jony Kusuma, dan Tommy Winata disebut-sebut sebagai bagian dari kelompok "Gang of Nine". Namun, perlu diingat bahwa hal ini masih merupakan spekulasi publik dan beberapa dari mereka bahkan sudah secara tegas membantah klaim tersebut.

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan "9 Naga" dari sebuah istilah negatif menjadi semakin netral seiring berjalannya waktu. Kini, istilah "9 Naga" dianggap sebagai sebutan untuk para pengusaha yang memiliki pengaruh besar dalam perekonomian Indonesia. Tanpa pengetahuan yang pasti mengenai siapa sebenarnya sosok "9 Naga", berbagai nama pengusaha besar di Tanah Air mulai muncul sebagai kandidat potensial seperti Robert Budi Hartono, Rusdi Kirana, Sofjan Wanandi, Jacob Soetoyo, James Riady, Tommy Winata, Anthony Salim, dan Dato Sri Tahir.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Kendalikan Diri Dengan 5 Tips Ini
0 Suka, 0 Komentar, 5 Apr 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%