Tampang

Menguak Misteri "9 Naga", Sosok Penguasa Ekonomi Indonesia

17 Jun 2024 20:31 wib. 478
0 0
Menguak Misteri "9 Naga", Sosok Penguasa Ekonomi Indonesia
Sumber foto: kincir.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan "9 Naga" dari sebuah istilah negatif menjadi semakin netral seiring berjalannya waktu. Kini, istilah "9 Naga" dianggap sebagai sebutan untuk para pengusaha yang memiliki pengaruh besar dalam perekonomian Indonesia. Tanpa pengetahuan yang pasti mengenai siapa sebenarnya sosok "9 Naga", berbagai nama pengusaha besar di Tanah Air mulai muncul sebagai kandidat potensial seperti Robert Budi Hartono, Rusdi Kirana, Sofjan Wanandi, Jacob Soetoyo, James Riady, Tommy Winata, Anthony Salim, dan Dato Sri Tahir.

Menariknya, Sri Bintang Pamungkas, seorang aktivis yang dikenal, pernah menyebut Aguan sebagai "Naga Kedua" dari "9 Naga". Namun, sekali lagi, ini hanyalah sebuah spekulasi dan secara faktual belum ada kejelasan mengenai identitas sebenarnya dari "9 Naga".

Dugaan bahwa "9 Naga" memiliki pengaruh besar dalam perekonomian Indonesia bukanlah hal yang terlalu berlebihan. Hal ini dapat terlihat dari konglomerasi bisnis yang mereka kuasai, mulai dari sektor perbankan hingga properti, yang secara langsung memberikan pengaruh besar terhadap perekonomian negara dan juga kehidupan masyarakat Indonesia secara umum.

Sebagai contoh, para pengusaha besar yang disebutkan sebelumnya memiliki bisnis yang mempengaruhi banyak aspek kehidupan masyarakat. Mulai dari produk-produk yang digunakan sehari-hari oleh masyarakat hingga dampak bisnis mereka terhadap ekonomi nasional.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.