Tampang

Mengapa Ukuran Ikan Menyusut dan Bagaimana Fenomena Ini Dapat Mempengaruhi Manusia?

24 Sep 2024 16:18 wib. 59
0 0
Mengapa Ukuran Ikan Menyusut dan Bagaimana Fenomena Ini Dapat Mempengaruhi Manusia?
Sumber foto: Google

Fakta lain menunjukkan bahwa ikan cenderung lebih cepat dewasa dalam kondisi air hangat dan mencapai kematangan reproduksi pada usia lebih dini.

Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa "di perairan yang lebih hangat, mereka berevolusi dan menghabiskan lebih banyak energi untuk bereproduksi daripada tumbuh besar," jelas Lisa Komoroske, ahli biologi konservasi di Universitas Massaachussetts, AS.

Hal yang paling mungkin terjadi, tambah Lisa “adalah bahwa hal ini bukan hanya sebuah mekanisme, namun disebabkan oleh serangkaian faktor gabungan”.

Para ahli mengatakan, hal ini bukanlah perdebatan yang hanya terjadi di dunia akademis. Sebab, memahami mekanisme dan penyebab penyusutan ukuran ikan merupakan kunci untuk memprediksi bagaimana perilaku spesies-spesies ikan di masa depan. Ukuran yang lebih kecil tentu saja menyiratkan perubahan ekosistem yang dalam sebagian besar kasus diatur berdasarkan ukuran.

“Jika organisme menjadi lebih kecil, atau jika kita menghilangkan predator terbesar, yang merupakan pemain kunci dalam suatu ekosistem, kita dapat memperkirakan bahwa mereka akan berubah secara radikal,” jelas Ines Martins, peneliti di University of York, Inggris, sekaligus penulis utama studi yang diterbitkan di jurnal Science.

“Hal ini akan mempunyai konsekuensi yang terukur bagi semua spesies yang hidup di ekosistem tersebut, tidak hanya mereka yang terkena dampak langsung, karena rantai makanan adalah sistem yang saling berhubungan antara semua spesies yang membentuknya.”

“Jika Anda menghilangkan spesies terbesar, maka spesies terbesar kedua akan menggantikannya, karena tidak ada lagi persaingan,” kata Dornelas.

Hal ini menjelaskan mengapa spesies tertentu bertambah besar ukurannya. Dan, tentu saja, semua perubahan ini akan berdampak pada yang diberikan ekosistem ini kepada kita, kata Martins.

Martins mengacu pada dampak perubahan ini terhadap populasi manusia yang menggantungkan perekonomian dan sumber nutrisi utamanya pada penangkapan ikan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Hukum Puasa untuk Diet, Sahkah?
0 Suka, 0 Komentar, 23 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.