Tampang

Megalodon vs Hiu Putih Raksasa, Siapa yang Lebih Cepat?

25 Jul 2024 07:58 wib. 82
0 0
Ilustrasi megalodon.
Sumber foto: Goggle

Sebuah studi baru yang mengamati gigi hiu sebagai indikator kecepatan buru hiu mengungkapkan, bahwa megalodon sedikit lebih cepat daripada hiu putih raksasa. Meskipun ukuran megalodon dan hiu putih raksasa berbeda secara signifikan, keduanya diperkirakan memiliki kecepatan buru yang sebanding dengan pelari manusia rata-rata.

Menariknya, hiu memiliki kulit aneh yang ditutupi oleh dentikel dermal, struktur berbentuk V yang lebih mirip gigi daripada sisik. Berenang dengan gigi yang dimodifikasi sebagai kulit dianggap dapat mengurangi hambatan dan turbulensi bagi hiu, sehingga mereka dapat meluncur di air lebih cepat dan tanpa menimbulkan banyak suara.

Studi sebelumnya telah memperkirakan ukuran dan jarak antara gigi-gigi megalodon. Dari studi ini ditemukan bahwa gigi-gigi megalodon memiliki kemiripan dengan gigi hiu putih raksasa yang masih ada. Para peneliti kemudian mengambil data ini, dan data gigi-gigi dari beberapa spesies hiu modern, untuk memperkirakan kecepatan. Analisis ini fokus pada jarak antara tonjolan dan efisiensi pengurangan hambatan dari struktur gigi-gigi setiap spesies, serta panjang tubuh hiu.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?