Tampang

Makanan Klepon: Lezatnya Kelezatan Tradisional Indonesia

22 Jun 2024 18:48 wib. 38
0 0
Kue Klepon
Sumber foto: Google

Klepon adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer, terutama di daerah Jawa. Makanan ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti tepung ketan, gula merah, dan parutan kelapa. Klepon memiliki cita rasa yang unik dan tekstur yang lembut, membuatnya menjadi camilan yang sangat disukai oleh banyak orang. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang makanan klepon yang lezat ini.

Klepon biasanya memiliki diameter sekitar 3-4 cm dan berwarna hijau karena pewarna alami dari daun pandan yang digunakan dalam adonannya. Gula merah yang kemudian menjadi isi klepon, memberikan sensasi manis yang lezat ketika pertama kali digigit. Untuk menambahkan rasa dan tekstur yang berbeda, klepon juga dilumuri oleh parutan kelapa yang segar. Selain itu, makanan ini juga memiliki aroma sedap dari daun pandan yang digunakan sebagai pewarna alami.

Klepon memiliki proses pembuatan yang unik dan menarik. Pertama-tama, adonan dari tepung ketan, yang sudah dicampur dengan air dan daun pandan, dibentuk menjadi bulatan kecil. Lalu, di bagian tengah setiap bulatan adonan, diberi isi gula merah yang sudah disisipkan sebelumnya. Setelah itu, adonan ditutup kembali dan dibentuk menjadi bulatan kecil yang sempurna. Bulatan-bulatan kecil ini kemudian direbus dalam air mendidih sebentar hingga matang. Setelah matang, klepon dicelupkan ke dalam parutan kelapa yang segar untuk menambahkan cita rasa yang khas.

Selain rasanya yang lezat, klepon juga menjadi camilan yang menarik karena tampilan dan teksturnya yang unik. Ketika digigit, gula merah di dalam klepon akan meleleh dan memberikan sensasi manis yang lezat. Tekstur dari tepung ketan yang lembut, inilah yang membuat klepon menjadi camilan yang nikmat untuk dinikmati kapan saja.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%