Tampang

Kisah-Kisah Tragedi: Menilik Peninggalan Massa Kerusuhan Mei 1998, Jejak Hitam Sejarah Indonesia

22 Mei 2024 09:17 wib. 337
0 0
Tragedi Semanggi I 1998
Sumber foto: Pinterest

Kerusuhan Mei 1998, sebuah peristiwa berdarah yang meninggalkan jejak hitam dalam sejarah Indonesia. Tragedi ini mengguncang negara dan membawa dampak yang mendalam, baik secara sosial maupun ekonomi. Kisah-kisah tragis dari masa kerusuhan tersebut masih membekas dalam ingatan banyak orang, sementara jejak hitamnya terus mengingatkan kita akan bahaya fanatisme dan ketidakadilan.

Kerusuhan Mei 1998 berawal dari ketegangan politik dan ketegangan ekonomi yang melanda Indonesia pada masa itu. Krisis moneter yang melanda Asia pada akhir 1997 juga merembet ke Indonesia, menyebabkan gejolak ekonomi dan ketidakstabilan politik. Puncak dari ketegangan ini terjadi pada Mei 1998, ketika kemarahan masyarakat meluap dalam bentuk kerusuhan, penjarahan, dan kekerasan yang mengguncang berbagai kota di Indonesia.

Jejak hitam tragedi ini tergambar jelas dalam bentuk hilangnya nyawa manusia, kerusakan properti, dan trauma yang masih membekas di hati banyak orang. Banyaknya korban jiwa, terutama dari etnis Tionghoa, menunjukkan bahwa kerusuhan Mei 1998 juga memiliki dimensi etnis dan sosial yang dalam. Kisah-kisah tragis dari masa itu menggugah empati banyak orang, sekaligus mengingatkan kita akan bahaya kebencian dan ketidakadilan.

Peninggalan massa dari kerusuhan Mei 1998 juga terlihat dalam bentuk bangunan-bangunan yang hancur dan ekonomi yang turun drastis. Banyak pusat perbelanjaan, gedung-gedung pemerintah, dan fasilitas publik lainnya yang menjadi korban dari amuk massa. Dampak ekonominya pun masih terasa hingga saat ini, dengan hilangnya banyak lapangan pekerjaan, hilangnya investasi, dan ketidakstabilan ekonomi yang berkepanjangan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

20 Cara Mengatur Waktu dengan Baik
0 Suka, 0 Komentar, 31 Mar 2018
Petiklah Hari Ini!
0 Suka, 0 Komentar, 23 Feb 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%