Tampang

Kemendikbud, Banyak Guru yang Mengajar Tidak Linier Bidang Studinya

4 Sep 2024 14:51 wib. 108
0 0
Kemendikbud, Banyak Guru yang Mengajar Tidak Linier Bidang Studinya
Sumber foto: Google

Ditjen GTK Kemendibud Ristek melihat perlunya pendekatan yang lebih fleksibel dalam menyeleksi guru, dengan tetap mempertimbangkan kualitas pendidikan yang dihasilkan. Mereka meyakini bahwa peningkatan kualitas pendidikan dapat dicapai meskipun para guru tidak secara sempurna linier dengan bidang studi mereka asalnya. Dalam hal ini, relaksasi regulasi menjadi langkah awal untuk mengoptimalkan potensi guru yang ada tanpa harus mempersempit ruang gerak mereka.

Di sisi lain, penerapan relaksasi regulasi ini juga menimbulkan pro kontra di kalangan masyarakat. Ada yang memandang langkah ini sebagai kesempatan bagi para guru untuk terus mengembangkan kemampuan mereka tanpa kendala administratif,pada sisi yang lain, terdapat juga kekhawatiran akan penurunan kualitas pendidikan akibat kehadiran guru yang tidak secara langsung berkompeten di bidang studi yang mereka ampu.

Ditjen GTK Kemendibud Ristek menyatakan bahwa pihaknya terus melakukan evaluasi terhadap kebijakan relaksasi ini, serta memberikan berbagai pelatihan dan pendampingan kepada para guru agar mereka tetap dapat memberikan pendidikan berkualitas kepada para siswa. Diharapkan dengan pendekatan yang holistik, perbedaan bidang studi antara guru dan mata pelajaran yang diampu dapat diatasi melalui peningkatan kompetensi serta pemahaman yang mendalam.

Sebagai kesimpulan, upaya Kemendikbud Ristek untuk mengatasi permasalahan keberagaman bidang studi guru melalui relaksasi regulasi ini memiliki dampak yang kompleks. Meskipun memberikan kesempatan yang lebih luas bagi para guru, langkah ini juga menimbulkan tantangan dalam memastikan kualitas pendidikan tetap terjaga. Oleh karena itu, pengawasan dan pendampingan yang intensif terhadap guru yang mengajar di luar bidang studi asalnya menjadi kunci utama dalam menjaga kualitas pendidikan di Indonesia.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?