Tampang

Pulau Jawa Akan Alami Hari Tanpa Bayangan, Apakah Suhu Makin Panas

7 Okt 2024 18:33 wib. 70
0 0
Pulau Jawa Akan Alami Hari Tanpa Bayangan, Apakah Suhu Makin Panas
Sumber foto: Google

Pulau Jawa akan mengalami hari tanpa bayangan atau kulminasi mulai 8-14 Oktober 2024. Ketua Tim Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Ida Pramuwardani menjelaskan, hari tanpa bayangan adalah fenomena saat Matahari berada di posisi tertinggi di langit.

Pulau Jawa, salah satu pulau terbesar di Indonesia, akan menyaksikan fenomena alam yang menarik pada tanggal 8 hingga 14 Oktober 2024. Pada periode tersebut, Pulau Jawa akan mengalami hari tanpa bayangan atau kulminasi, di mana Matahari akan berada di posisi tertinggi di langit. Fenomena ini disambut dengan antusiasme oleh para ilmuwan dan pencinta alam, namun juga menimbulkan pertanyaan mengenai dampaknya terhadap suhu di Pulau Jawa.

Ketua Tim Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Ida Pramuwardani, memberikan penjelasan terkait fenomena hari tanpa bayangan ini. Ia menyatakan bahwa hari tanpa bayangan terjadi ketika Matahari berada pada titik kulminasi, di mana bayangan benda atau benda tidak memiliki bayangan yang terlihat. Fenomena ini terjadi dua kali dalam setahun, tepatnya pada saat Matahari berada di posisi lintang 21,5 derajat utara dan selatan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Kendalikan Diri Dengan 5 Tips Ini
0 Suka, 0 Komentar, 5 Apr 2018
Cara Alami Ini Mampu Usir Bau Mulut
0 Suka, 0 Komentar, 12 Sep 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.