Tampang

Ilmuwan Korsel Kembangkan Beras Berdaging yang Bisa Menjadi Sumber Protein

20 Mar 2024 04:47 wib. 108
0 0
Ilmuwan Korsel Kembangkan Beras Berdaging Yang Bisa Menjadi Sumber Protein
Sumber foto: Google

Sejumlah ilmuwan di Korea Selatan telah menciptakan jenis pangan hibrida baru, yaitu beras berdaging. Menurut mereka beras ini dapat menjadi sumber protein yang terjangkau dan ramah lingkungan. Biji-bijian yang berpori tersebut dipenuhi otot sapi dan sel-sel lemak, yang ditanam di laboratorium.

Pertama-tama, beras dilapisi dengan gelatin ikan agar sel-sel daging menempel. Kemudian, beras tersebut dibiarkan dalam cawan petri selama 11 hari. Para peneliti mengatakan makanan tersebut mungkin dapat berfungsi sebagai “penolong saat kelaparan, ransum militer, atau bahkan makanan luar angkasa” di masa depan. Namun, masih harus dilihat apakah konsumen akan menyukainya jika akhirnya dijual ke pasar.

Beras hibrida ini tampaknya sedikit lebih keras dan rapuh dibandingkan beras biasa. Namun ia mengandung lebih banyak protein, demikian dipaparkan jurnal Matter. Menurut tim di Universitas Yonsei, Korea Selatan, makanan ini memiliki 8% lebih banyak protein dan 7% lebih banyak lemak. Jika dibandingkan dengan daging sapi biasa, jejak karbon beras 'berdaging' ini jauh lebih kecil.

Hal itu dikarenakan metode produksi beras ini menghilangkan kebutuhan yang dikeluarkan oleh peternakan hewan dalam jumlah besar. Sebagai perbandingan, untuk setiap 100 gram protein yang dihasilkan, beras hibrida diperkirakan melepaskan kurang dari 6,27kg karbon dioksida. Sementara produksi daging sapi melepaskan delapan kali lebih banyak karbon, yaitu sebesar 49,89kg, kata mereka.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

gila
0 Suka, 0 Komentar, 27 Jun 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?