Tampang

Gunung Semeru Kembali Meletus, Kabupaten Lumajang Dilanda Letusan Asap Setinggi 1500 Meter

22 Apr 2024 13:30 wib. 48
0 0
Gunung Semeru Kembali Meletus, Kabupaten Lumajang Dilanda Letusan Asap Setinggi 1500 Meter
Sumber foto: Google

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang kembali meletus pada Sabtu, 20 April 2023. Letusan ini terjadi pada pukul 17.41 WIB dengan erupsi berupa letusan asap setinggi 1500 meter di atas puncak kawah Jonggring Saloko. Kejadian ini menjadi perhatian publik karena menimbulkan keresahan di sekitar wilayah Gunung Semeru.

Letusan gunung merupakan fenomena alam yang perlu menjadi perhatian serius. Sebelumnya, pada tahun 2022, Gunung Semeru juga pernah meletus, meninggalkan jejak kerusakan yang cukup besar. Kini, masyarakat kembali diingatkan untuk waspada dan mengikuti perkembangan informasi terkini terkait letusan Gunung Semeru.

Badan Vulkanologi dan Geologi (PVMBG) secara rutin memantau aktivitas gunung api di Indonesia, termasuk Gunung Semeru. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 milimeter, menandakan tingkat aktivitas yang cukup tinggi. Sebagai upaya pencegahan, PVMBG telah menetapkan zona-zona evakuasi bagi masyarakat sekitar gunung agar terhindar dari bahaya letusan yang lebih besar.

Dampak dari letusan tersebut pun tidak dapat diabaikan. Asap vulkanik setinggi 1500 meter di atas puncak kawah Jonggring Saloko telah menyebabkan hujan abu di sekitar wilayah Gunung Semeru. Ini dapat mengganggu aktivitas masyarakat dan kesehatan mereka, terutama bagi yang memiliki gangguan pernapasan. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk menggunakan masker dan menjauhi wilayah yang berpotensi terdampak.

<12>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?