Tampang

Desakan Serikat Buruh Terkait Kecelakaan Kerja di PT ITSS Morowali

20 Jun 2024 19:57 wib. 159
0 0
Desakan Serikat Buruh di PT ITSS Morowali

Meskipun pihak manajemen PT IMIP membantah bahwa kecelakaan terjadi akibat ledakan di tungku smelter, namun desakan untuk melakukan investigasi menyeluruh tidak lantas melemah. Serikat buruh menuntut agar pemerintah menegakkan standar keselamatan dan kesehatan kerja yang lebih ketat, mengingat industri smelter memiliki risiko tinggi yang memerlukan regulasi yang sangat ketat.

Menyikapi desakan tersebut, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan bahwa Kementerian Perindustrian akan berkoordinasi dengan manajemen PT ITSS dan PT IMIP untuk memastikan ketaatan terhadap regulasi keselamatan dan kesehatan kerja yang berlaku. Langkah ini diambil sebagai upaya menegakkan standar yang tepat dalam industri smelter yang memiliki risiko tinggi.

Sebelumnya, tim inspeksi dari Kementerian Perindustrian juga telah merekomendasikan perbaikan penting setelah ledakan fatal pada Desember 2023 yang menelan korban jiwa. PT ITSS dianjurkan untuk melakukan beberapa perbaikan esensial guna meningkatkan keselamatan operasional, termasuk penyusunan peta risiko di area furnace (tungku pembakaran) dengan langkah-langkah mitigasi yang tepat, memastikan implementasi perbaikan sesuai dengan SOP (prosedur operasi standar) yang memiliki struktur tanggung jawab berjenjang, serta melakukan kalibrasi berkala terhadap alat ukur dan arus listrik.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Hukum Puasa untuk Diet, Sahkah?
0 Suka, 0 Komentar, 23 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.