Tampang

Bara Suwen: Keajaiban Tradisi Mistis Maluku

30 Jun 2024 21:45 wib. 28
0 0
Bara Suwen: Keajaiban Tradisi Mistis Maluku
Sumber foto: Bara suwen

Bara Suwen, atau lebih dikenal dengan sebutan Bambu Gila, merupakan salah satu dari ribuan tradisi dan seni yang ditemukan di Indonesia. Seni tradisional ini berasal dari Provinsi Maluku dan dapat ditemukan di dua desa, yakni Desa Liang dan Desa Mamala. Tradisi Bambu Gila menjadi daya tarik budaya yang genuin yang melambangkan semangat kerjasama masyarakat dalam masyarakat.

Tradisi ini biasanya dipentaskan selama upacara adat dan sebagai bentuk hiburan. Selain itu, atraksi budaya ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menjalankan tugas berat dalam kehidupan masyarakat Maluku.

Salah satu aspek menarik dari budaya ini adalah unsur mistisnya. Mengapa demikian? Seni ini, diyakini telah ada di kalangan masyarakat Maluku sebelum kedatangan agama, diyakinai memiliki kekuatan mistis yang kuat di dalam bambu yang digunakan, melibatkan tujuh orang yang menggenggam bambu panjang.

Aspek mistis ini bisa diamati tepat sebelum pertunjukan dimulai ketika dukun melakukan ritual yang diyakini menghidupkan bambu. Ini ditandai dengan munculnya asap dan nyanyian mantra yang dimaksudkan untuk memanggil arwah leluhur untuk memasuki bambu.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%