Tampang

Perokok Pasif: Pengertian dan Dampak Buruknya

9 Apr 2024 21:16 wib. 72
0 0
Perokok Pasif

Perokok pasif adalah seseorang yang tidak merokok secara aktif, namun terpapar oleh asap rokok dari perokok aktif di sekitarnya. Paparan asap rokok ini dapat terjadi baik di dalam ruangan maupun di tempat terbuka. Dalam keadaan ini, perokok pasif secara tidak langsung ikut menghirup zat-zat berbahaya yang terkandung dalam asap rokok.

Pada dasarnya, perokok pasif terdiri dari beberapa kategori, yaitu perokok pasif kronis dan perokok pasif sesaat. Perokok pasif kronis adalah orang yang terus-menerus terpapar asap rokok dalam jangka waktu yang lama, sedangkan perokok pasif sesaat adalah mereka yang terpapar asap rokok dalam jangka waktu singkat.

Dampak buruk dari menjadi perokok pasif sangatlah serius. Paparan asap rokok mengandung ribuan zat kimia yang berbahaya, di antaranya adalah tar, karbon monoksida, formaldehida, benzene, dan banyak lagi. Zat-zat berbahaya ini memiliki dampak negatif yang dapat memengaruhi kesehatan perokok pasif, terutama pada sistem pernapasan, jantung, dan beberapa organ tubuh lainnya.

Salah satu dampak buruk yang paling nyata adalah terkait dengan risiko penyakit paru-paru. Perokok pasif memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami berbagai penyakit paru-paru, termasuk kanker paru-paru, bronkitis kronis, dan emfisema. Selain itu, mereka juga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami serangan asma, terutama pada anak-anak.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?