Tampang

Ternyata, ini Arti Garis Kuning dan Putih di Jalanan, Kamu Udah Tau?

27 Feb 2018 11:47 wib. 1.715
0 0
Ternyata, ini Arti Garis Kuning dan Putih di Jalanan, Kamu Udah Tau?

Sering kali ketika melintasi jalanan, kita melihat garis putih dan kuning di aspal. Namun kita tidak tahu apa arti dari garis tersebut. Kebanyakan dari kita hanya menganggap bahwa garis tersebut hanya sebagai pembatas jalan saja. Padahal sebenarnya garis tersebut terdapat maksud dan arahan bagi para pengendara.

Dilansir dari mobilmo.com, setidaknya ada 5 bentuk garis yang terdapat dijalanan dan memiliki arti dan petunjuk sendiri, 5 bentuk garis itu ialah sebagai berikut:

Yellow Box Junction (YBJ)

Yellom Box Junction atau garis kuning yang terletak pada disamping jalan ini biasanya berada di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan kota lainnya. Garis tersebut berfungsi untuk menghindari adanya kondisi lalu lintas yang terkunci pada persimpangan jalan. Garis ini biasanya digunakan ketika sedang mengalami padat kendaraan. Pada saat itu biasanya pengendara akan sering menerobos lalu lintas, maka dari itulah YBJ tersebut mulai berperan agar mencegah kendaraan supaya tidak melintasi garis tersebut.

Satu Garis Kuning putus-putus

Garis kuning putus-putus ini dapat kita ditemukan di jalan raya atau perkotaan dan jarang berada di pedesaan. Fungsinya ialah sebagai tanda bahwa para pengendara boleh menyalip dengan syarat harus melihat terlebih dahulu kondisi sekitar agar tidak terjadi senggolan dengan kendaraan lainnya.

Dua garis kuning tanpa putus

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Mendidik Anak
0 Suka, 0 Komentar, 15 Apr 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?