Tampang

Unik! Inilah Kampung Adat Yang Ada di Jawa Barat, Yuk Kunjungi!

14 Agu 2017 08:20 wib. 12.116
0 0
Unik! Inilah Kampung Adat Yang Ada di Jawa Barat, Yuk Kunjungi!

Masyarakat Cirendeu memegang prinsip "ngindung ka waktu, mibapa ka zaman", yang artinya tak melawan arus perkembangan zaman. Kampung adat ini terletak di Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan. Meski  Bangunan rumah dari kampung adat ini berupa bangunan tembok biasa, namun, tetap ada nilai-nilai budaya yang dipertahankan. Salah satunya adalah dari segi makanan pokoknya. Tidak seperti kebanyakan masyarakat Jawa Barat yang menjadikan nasi sebagai makanan pokonya, masyarakat kampung Cireundeu ini menjadikan rasi (nasi dari singkong) sebagai makanan pokoknya. Rasi ini menjadi alternatif makanan pokok ketika krisis pangan di masa penjajahan yang hingga kini tetap dilestarikan. Meski demikian, lauk pauk pendamping makannya tak jauh beda dengan pendamping nasi pada umumnya.

Masyarakat yang memegang teguh kepercayaan Sunda Wiwitan ini, sering melakukan perayaan 1 Sura. Selain itu, di sini juga terdapat hutan lindung yang tidak boleh dimasuki sembarangan, agar sumber mata air dan ekosistem sekitarnya dapat tetap terjaga.

Kampung Pulo

Kampung Pulo terletak disebuah pulau di tengah kawasan Situ Cangkuang, yang terletak di Kecamatan leles, kabupaten Garut. Di Kampung Pulo didirikan 6 buah rumah adat yang berjajar saling berhadapan masing-masing 3 buah rumah di kiri dan di kanan yang tidak boleh bertambah dan berkurang ditambah dengan sebuah mesjid. Yang tinggal di dalam rumah tersebut juga tidak boleh melebihi dari 6 kepala keluarga. Jika seorang anak laki-laki sudah dewasa dan menikah maka paling lambat 2 minggu setelah itu harus segera meninggalkan rumah dan harus keluar dari lingkungan keenam rumah tersebut.

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?