Tampang

Pulau Komodo: Rumah bagi Hewan Langka Komodo

26 Jul 2024 11:21 wib. 120
0 0
Pulau Komodo: Rumah bagi Hewan Langka Komodo
Sumber foto: Google

Pulau Komodo, sebuah tempat yang misterius dan eksotis di Indonesia, dikenal sebagai rumah bagi hewan purba yang langka dan menakjubkan, yaitu Komodo. Pulau ini terletak di antara dua lautan, Laut Flores dan Laut Sawu, yang membuatnya menjadi habitat alami yang unik bagi kadal terbesar di dunia, Komodo (Varanus komodoensis). Selain sebagai tempat asal spesies yang unik ini, Pulau Komodo juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa, membuatnya menjadi destinasi wisata yang sangat diminati di dunia.

Keunikan Pulau Komodo

Pulau Komodo terkenal karena keberadaan hewan purba Komodo, yang merupakan spesies kadal terbesar dan satu-satunya dari genus Varanus yang ada di dunia. Hewan ini ditemukan pertama kali oleh ilmuwan pada awal abad ke-20, yang kemudian membuatnya menjadi ikon dari keanekaragaman hayati Indonesia. Kadal Komodo memiliki panjang bisa mencapai 3 meter dan berat bisa mencapai 70 kilogram, menjadikannya sebagai predator puncak di habitatnya.

Selain Komodo, pulau ini juga melindungi berbagai spesies unik lainnya, termasuk burung-burung endemik, seperti burung Maleo dan rangkong. Pulau Komodo dan kawasan sekitarnya juga dikenal dengan kekayaan hayati lautnya yang menakjubkan, yang menarik para penyelam dari seluruh dunia untuk mengeksplorasi keindahan bawah lautnya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?