Tampang

Pesona Taman Nasional Lorentz: Warisan Dunia di Papua

18 Jul 2024 09:46 wib. 137
0 0
Taman Nasional Lorentz
Sumber foto: Google

Taman Nasional Lorentz adalah salah satu keajaiban alam yang dimiliki Indonesia, terletak di provinsi Papua. Taman ini dikenal sebagai salah satu taman nasional terbesar di Asia Tenggara, dengan luas mencapai sekitar 2,4 juta hektar. Selain itu, Taman Nasional Lorentz juga dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1999. Keberagaman hayati yang dimilikinya menjadikan taman ini sebagai salah satu destinasi alam yang sangat menarik dan wajib dikunjungi.

Keanekaragaman Hayati yang Menakjubkan

Taman Nasional Lorentz merupakan rumah bagi berbagai flora dan fauna yang unik dan langka. Terdapat lebih dari 630 jenis burung dan 123 spesies mamalia yang hidup di taman ini. Beberapa spesies yang terkenal di antaranya adalah burung cendrawasih, kasuari, dan kanguru pohon. Selain itu, taman ini juga menjadi habitat bagi spesies-spesies endemik yang hanya bisa ditemukan di Papua, seperti buaya Irian dan kura-kura leher ular.

Di bidang flora, Taman Nasional Lorentz menawarkan pemandangan yang memukau dengan beragam jenis tumbuhan. Hutan hujan tropis yang lebat, padang rumput, hingga daerah alpine yang tertutup salju di puncak Gunung Jayawijaya menambah keindahan alam taman ini. Tumbuhan seperti anggrek dan pohon-pohon besar yang menjulang tinggi menghiasi setiap sudut taman, menciptakan lanskap yang menakjubkan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.